Monday, September 22, 2008

AUTOLISIS

'au·to·li·sis' n Dok "perombakan tubuh organisme yg mati oleh enzim tanpa bantuan bakteri" (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Autolisis? Hmm, kelihatannya sepele, tp setelah baca sana sini & sedikit riset kecil2an (hallaahh...), istilah ini cukup berarti apalagi pd bulan puasa. Katanya sih saat berpuasa lebih dr 8 jam, tubuh akan mengirim pesan ke otak utk mengaktifkan sistem Autolisis. Saat program ini aktif, pertama kali ia akan mengambil database mengenai rancangan dasar (fitrah) manusia. Secara keseluruhan ada sekitar 50 triliun sel yg menyusun tubuh kita, yg terdiri dr sekitar 200 jenis sel. Autolisis berbekal data detail setiap sel tubuh: bagaimana seharusnya kondisi sehat dr setiap jenis sel, di bagian tubuh mana seharusnya sel itu berada, dan berapa banyak jumlah setiap jenis sel yg ideal bagi tubuh. Selanjutnya ia akan menghampiri sel-sel liar yg tdk terdapat dlm daftar fitrah. Bila sel2 liar sudah habis, barulah ia akan mendatangi timbunan lemak dlm tubuh & membakarnya (oksidasi lemak) menjadi ketone. Dgn demikian Autolisis akan menghilangkan sel2 rusak, sel2 mati, benjolan hingga tumor, dan timbunan lemak yg juga sering menjadi sarang zat-zat beracun.

Menarik kan? Waktu hal ini saya coba sampaikan ke satu departemen tempat di mana saya bekerja, malah yg ada pertanyaannya ngelantur seperti ini:

- Pak, apakah Autolisis juga mempengaruhi seks?

- Mas, kalo lagi puasa boleh nge-seks gak?
atau ada lagi yg lebih parah:
- Maaf nih pak, idealnya berhubungan seks seberapa sering sih?

Waduuhh, kok malah jd begini (#%$^@&*). Tp perlu dimaklumi, namanya juga pekerja di lokasi, semakin lama di lokasi semakin meningkat kebutuhan seks-nya (???), termasuk saya juga dong (*mode wajah senyum2 sendiri ON).

Eniwei, saya ikut(an) senang pas bulan puasa, biar ga berpuasa tp ada suasana yg beda dibanding bulan2 lainnya spanjang tahun. Setidaknya, itu yg saya lihat pada bulan puasa kali ini. Waktu saya pengen ikutan jalanin puasa seperti apa sih, tp yg ada bawaannya laper mulu. Pernah juga saya ikutan program 3-days-cleansing (sesuai anjuran temen yg katanya sih bagus utk kesehatan). Hari pertama lancar; hari kedua agak laper sih tapi msh bisa ditahan; hari ketiga syukur bisa dijalanin juga tanpa masalah. Tapi, begitu besoknya makan tuh kyk org kelaperan, sampai2 abang saya bilang begini:

"percuma ikutan program itu, yg kamu makan sekarang sama dgn makan utk 3 hari"

hehehe....

No comments:

Post a Comment