Wednesday, January 05, 2011

308 : NYI RORO KIDUL

Setelah perjalanan Menerjang Citarik selesai, kisah dilanjutkan menuju ke Pelabuhan Ratu. Siapa sih yang tidak mengetahui Pelabuhan Ratu? Pantai yang terletak kira-kira 60 km arah selatan kota Sukabumi ini merupakan pantai yang sangat indah jika dibandingkan dengan pantai-pantai di sekitarnya yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Selain itu, nuansa mistis tentang Nyi Roro Kidul sangat erat dengan pantai ini yang tentu saja lebih erat lagi jika dihubungkan dengan Samudera Beach Hotel kamar 308.

Namun, keindahan pantai Pelabuhan Ratu hanya bisa kami nikmati dari kendaraan dikarenakan hujan yang sangat deras mengguyur Pelabuhan Ratu sepanjang sore itu. Akhirnya, kami meneruskan perjalanan menuju ke Samudera Beach Hotel yang terletak kira-kira 10 menit perjalanan arah barat. Kondisi bangunan yang besar namun terlihat kuno memberi kesan bahwa suatu ketika pada jamannya, hotel ini merupakan hotel yang terkenal. Salah satu buktinya, legenda Nyi Roro Kidul memilih salah satu kamar di hotel ini sebagai kamar pribadinya.

Setibanya di sana, kami menghubungi bagian front office untuk menyampaikan maksud kedatangan kami yaitu hanya untuk melihat-lihat kamar 308 yang merupakan kamar legenda tersebut. Karena kami tidak menginap di hotel tersebut, maka masing-masing kami dikenakan biaya sebesar 15ribu. Itu hanya untuk melihat-lihat; kalau mau bersemedi (sesuai kepercayaan masing-masing tentunya) pihak hotel memasang tarif sebesar 220ribu per jam. Kembali, sesuai kepercayaan masing-masing.

Kami diantar oleh pihak hotel menaiki lift kuno menuju ke lantai 3. Sekeluarnya dari pintu lift, terlihat sebuah payung besar terletak di depan sebuah kamar yang menurut saya payung tersebut terlihat seperti payung kebesaran kerajaan. Memasuki kamar 308, nuansa magis sangat kental terasa. Perpaduan antara warna hijau yang mendominasi seluruh ruangan, foto besar yang menampakkan wajah Nyi Roro Kidul serta wewangian membuat bulu kuduk saya sesaat merinding. Bagaimana kalau beneran bertemu Nyi Roro Kidul ya? hiiii…

Sekitar 15 menit berada di dalam kamar tersebut membuat saya terbiasa dengan pemandangan dan aroma khas bunga melati. Karena hanya kami saja pengunjung di sana, maka dengan puas kami mengabadikan momen yang selama ini hanya bisa dilihat melalui televisi atau media koran maupun elektronik. Di akhir kunjungan kami, tampak seorang oknum berpangkat yang memasuki kamar tersebut sambil bersemedi. Pengen minta naik jabatan kah? Mungkin saja.

Pengalaman yang unik dan menegangkan. Pilihan berwisata mistis ke kamar 308 Samudera Beach Hotel patut dimasukkan dalam agenda anda jika suatu saat mengunjungi Pelabuhan Ratu, lepas dari tujuan bersemedi menurut kepercayaan masing-masing atau hanya sekedar berwisata sambil mengabadikan momen bahwa anda pernah kesana (seperti kami). Tergantung!

No comments:

Post a Comment