Pakem ini sudah sangat lama digunakan, bahkan sejak
fotografi belum ada, yaitu di lukisan. Rule of thirds/aturan sepertiga
merupakan rumus komposisi yang paling populer. Komposisi ini didapatkan dengan
membagi bidang gambar dalam tiga bagian yang sama besar dan proporsional baik
horizontal maupun vertikal. Dengan pembagian tersebut, terbentuklah garis-garis
dan empat titik perpotongan garis tersebut. Menurut aturan ini, sebaiknya
bagian foto yang paling menarik ditempatkan di salah satu titik pertemuan
tersebut. Pada intinya mata kita merasa suatu lukisan / foto lebih indah
apabila point of interest diletakkan di persinggungan garis vertikal &
horizontal yang membagi bidang menjadi 3. Aturan ini bisa digunakan untuk jenis
fotografi apa saja dan cocok untuk dicoba terutama oleh pemula sehingga subjek
utama foto tidak selalu ditempatkan di tengah saja. Gampangnya : subyek utama
harus kita letakkan di posisi yang dilingkari di ilustrasi di bawah ini:
Penyebab utamanya berusaha dijelaskan oleh para ahli dengan
ketertarikan manusia pada deret fibonacci dan deret aritmatik lainnya. Entah
bagaimana komposisi tubuh manusia banyak terkait dengan deret ini, dan hal yang
dianggap artistik oleh mata manusia juga terkait dengan deret ini. Dari segala
macam perumusan ini muncullah “Rule of Third”.
Apa itu “subyek utama” dalam Rule of third yang dijelaskan
diatas? Subyek utama dapat berupa:
- Bagian dari pemandangan yang menonjol, misalnya batu berwarna merah yang menonjol. Atau sapi di lapangan rumput yang hijau. Bisa juga model dalam pemotretan human interest dengan background pemandangan alam.
- Dalam pemotretan macro ini bisa berarti juga si obyek (misalnya serangga), atau titik tengah dari bunga yang kita potret, atau mata dari serangga dalam macro super close.
- Dalam pemotretan portrait ini bisa berarti wajah si model, atau juga mata si model.
- dll
Kita coba lihat contoh-nya dalam foto.
Dalam contoh diatas wajah dan mata menjadi subyek utama.
Oleh sebab itu diletakkan di perpotongan garis vertikal paling kiri dan
horizontal paling kanan. Semua garis vertikal maupun horisontal membagi foto
menjadi 3 bagian yang kurang lebih sama besar.
Pada foto macro diatas subyeknya adalah lady bug / kepik
berwarna kuning. Kepik ini merupakan bagian yang paling menonjol dari seluruh
bagian foto. Mata kita langsung tertarik dengan keberadaannya. Oleh sebab
itulah ia diletakkan di titik persilangan di kanan bawah, sesuai dengan
“aturan” rule of third.
Salah satu bentuk lain dari penggunaan rule of third adalah
bagaimana kita meletakkan horizon pada pemotretan landscape. Komposisi yang
sering digunakan oleh awam adalah meletakkan horizon tepat di tengah foto.
Akibatnya foto cenderung kurang menarik. Rule of third mengajarkan agar kita
meletakkan horizon di garis horisontal (pembagi foto menjadi 3 bagian) atas
atau bawah. Pemilihan garis atas atau bawah umumnya ditentukan mana yang lebih
menarik, langit atau daratannya.
Pada contoh diatas horizon diletakkan di garis pembagi 1/3
bawah (walau tidak sangat tepat disana). Hal ini dikarenakan aspek yang ingin
ditonjolkan dalam foto ini adalah langit yang memiliki awan yang berlapis dan
warna warni yang cemerlang. Lain halnya dengan contoh dibawah ini:
Pada contoh ini langit tidak memiliki aspek yang menonjol,
biru tanpa awan. Sedangkan di bagian bawah perpaduan warna hijau kuning dan
biru nampak lebih artistik. Oleh sebab itu pilihannya adalah meletakkan horizon
di 1/3 bagian atas agar porsi daratan lebih besar dibandingkan langit, dengan
demikian lebih mendominasi foto.
Rule of third kembali lagi hanyalah pakem / teori, ada
berbagai kondisi dimana rule of third tidak sepenuhnya berlaku. Misalnya:
Pada foto ini horizon diletakkan kurang lebih di tengah
foto. Siluet tanah lot yang menonjol membuat keseimbangan sedikit berubah, oleh
sebab itu walau horizon terletak di tengah foto masih terasa seimbang. Selain
itu meletakkan horizon di tengah menjadikan siluet lebih menonjol.
Pahami teori-nya terlebih dahulu, praktek-kan lalu coba
langgar dan lihat hasilnya. Demikianlah proses pembelajarannya. Selamat berkreasi.
Mantep
ReplyDelete